Minggu, 29 Desember 2013

<![endif]-->

Pengertian dan fungsi Kabel UTP



Untuk memahami fungsi kabel UTP maka lebih baik kita membahas dahulu tentang apa itu pengertian kabel UTP atau kepanjangannya Unshielded twisted-pair. Kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.
Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. 
Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.
Fungsi kabel UTP yaitu digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.
Dalam pemakaian sehari-hari, kabel UTP sudah sangat baik digunakan sebagai kabel jaringan komputer misalnya dalam kegunaan ruang kantor atau dalam sistem jaringan suatu perusahaan. Mengenai beberapa kelemahan dan kekurangan kabel UTP yang tidak tahan terhadap medan elektromagnetik dan kerusakan benturan benda keras, masih bisa diatasi dengan memasang pelindung luar misalnya seperti pipa plastik. 

Pengertian dan fungsi kabel STP



Kabel STP
Shielded Twisted Pair adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel,Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI.
Kurangan dan Kelebihan STP

Kelemahan kabel STP :
Kabel STP mempunyai beberapa kelemahan :
Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi.
Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulny,
Harganya cukup mahal.
Kelebihan :
Pada kabel STP, didalamnya terdapat satu lapisan pelindung kabel internalsehingga melindungi data yang ditransmisikan dari interferensi/gangguan STP (Shielded Twisted Pair), selain dililitkan, juga punya proteksi terhadap induksi atau interferensi sinyal dari luar kabel berupa lapisan kertas alumunium foil, sebelum jaketpembungkus luar.
Fungsi Kabel STP
Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon,komputer televisi dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.



Pengertian dan fungsi kabel Coaxsial

 

Kabel Coaxsial

Kabel coaxial adalah jenis kabel yang memiliki dua buah penghantar konduktor berupa kabel solid terbuat dari tembaga sebagai inti, kemudian dilapisi sekat isolator dan dililit kembali oleh penghantar berupa kabel serabut yang terbuat dari tembaga atau alumunium sebagai penghantar bagian luar. Kabel coaxial atau kabel koaksial terbungkus oleh isolator elastis yang terbuat dari plastik tahan air.         

Fungsi kabel coaxial adalah untuk mentransmisikan frekuensi tinggi mulai dari 300 kHz keatas, dan penggunaan kabel ini mempunyai kanal frekuensi yang sangat besar.

Dalam penggunaan sehari-hari, kabel coaxial banyak dijumpai pada antena televisi, antena pemancar radio, dan juga kabel jaringan LAN. Penggunaan kabel koaksial dalam jaringan internet melengkapi instalasi 
kabel UTP yang juga berperan penting dalam jaringan LAN.
Sumber :http://www.sisilain.net



Jaringan Wireless (Nirkabel)


Jaringan Wireless (Nirkabel) atau dalam bahasa indonesia disebut nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel)dengan frekuensi tertentu.
Kelebihan Jaringan Wireless (Nirkabel)  adalah mengeliminasi penggunaan kabel, yang bisa cukup menganggu secara estetika, dan juga kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari 2 piranti bersamaan. Misalnya: untuk menghubungkan sebuah 1 komputer server dengan 100 komputer client, dibutuhkan minimal 100 buah kabel, dengan panjang bervariasi sesuai jarak komputer klien dari server.
Berikut Jenis – jenis Jaringan Wireless (Nirkabel)  :
WAP (Wireless Application Protocol)
Merupakan standar protokol untuk aplikasi Jaringan Wireless (Nirkabel)  (seperti yang digunakan handphone). WAP berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless, seperti kebutuhan kompresi data, long latency dan keterbatasan bandwith, serta keterbatasan perangkat wireless.
WBMP (Wireless Bitmap)
Format grafik yang terdapat dalam WAP. WBMP merupakan format yang mirip dengan format BMP. Gambar dengan standar format WBMP terbagi dalam dua bagian, yaitu :q Bagian header, tempat untuk informasi karakteristik dari gambar, seperti tinggi, lebar dan type gambar. q Bagian isi yang disebut Type dependent, merupakan bagian dari informasi gambar.
Wireless LAN (Wireless Local Area Network)
Teknologi komunikasi data dengan tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan antara klien dan server. Secara umum teknologi Wireless LAN hampir sama dengan teknologi jaringan komputer yang menggunakan kabel (Wire LAN atau Local Area Network). Teknologi Wireless LAN ada yang menggunakan frekuensi radio untuk mengirim dan menerima data yang tentunya mengurangi kebutuhan atau ketergantungan hubungan melalui kabel. Akibatnya pengguna mempunyai mobilitas atau fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi. Teknologi Wireless LAN juga memungkinkan untuk membentuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan komputer yang menggunakan kabel.

28 komentar:

  1. harga kabel murah di balikabel.co.id

    BalasHapus
  2. artikelnya sangat lengkap....mantap
    http://tutorial-mj.blogspot.com/2012/11/kabel-lan-kabel-coaxial.html

    BalasHapus
  3. thanks atas infonyaa sangat bermanfaat. kunjungi juga yah

    ullandari09.wordpress.com
    mesinmesinterbaik.wordpress.com
    laboratoriumsahare1.wordpress.com
    cableglandhawke.wordpress.com

    artikelnya juga sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. thanks ya , bermanfaat banget infonya ^^

    www.rajalistrik.com

    BalasHapus
  5. The users of Twitter have to boost up the number of their followers, as it is necessary to make their accounts authentic. And for this purpose, they have to buy twitter followers around 2,000. Many of these BUY TWITTER FOLLOWERS are fake and start teasing, so the users of Twitter have to block them.trauringe günstig

    BalasHapus
  6. Dive deep into your partner’s likes and dislikes visit here. Ask him about his new habits and interests. When you discover new things about your partner,Trauring-efes it will give you a detailed insight into your partner’s personality and then, you will have a better idea about the strong points of your partner.

    BalasHapus
  7. Dive deep into your partner’s likes and dislikes visit here.

    BalasHapus
  8. You can use different lipstick shades such as red, orange, and peach all of them will trauring-efes brillant.

    BalasHapus
  9. You can use different lipstick shades such as red, orange, and peach all of them will Visit Here brillant.

    BalasHapus
  10. my friends make me agree to buy a diamond ring from a trusted online jeweler Visit here are one of the best among Online jewelers.

    BalasHapus
  11. Thanks for this comlete list. I have check all of these websites, all are in working
    and I get many of the backlinks for my website. Thanks...

    Click Here

    BalasHapus
  12. Ada Gak Kabel Muakcial??
    Soalnya Ade gw dapet Tugas soalnya itu.. cuman gw browsing gak dapat2 tuh kata Kuncinya ya

    BalasHapus
  13. Successful social media platforms such as Instagram downloader are also visit hereemploying the algorithms of AI.

    BalasHapus
  14. Kala Lending, LLC was established in March 2009. We want to be your one stop shop to help you in meeting your goals for almost any type of loan that you may need. Explore more about us byVisiting our site

    BalasHapus
  15. Awesome Post
    i was looking this good article its really nice. please Click Here to know about Bahria Town .

    BalasHapus
  16. M24 vs AR(Assault Rifle) Challenge | Just like 47 Khalifa | Aggressive Gameplay | PUBG Mobile
    An intense TDMN of PUBG. Must Watch and Commnet Am I Pro or Not?!!


    M24 vs AR(Assault Rifle) Challenge | Just like 47 Khalifa | Aggressive Gameplay | PUBG Mobile

    BalasHapus
  17. 1K Subscribers - Special Montage | Clutch Moments | Best Ever | PUBG Mobile.
    A Worth Watching PUBG Montage. Must Watch.

    1K Subscribers - Special Montage | Clutch Moments | Best Ever | PUBG Mobile

    BalasHapus
  18. SEASON 17 Royal Pass PUBG Mobile - 1 to 100 RP Rewards SEASON 17| 1 to 100 Royal Pass Confirm Leaks


    SEASON 17 Royal Pass PUBG Mobile - 1 to 100 RP Rewards SEASON 17| 1 to 100 Royal Pass Confirm Leaks

    BalasHapus

  19. Top 5 PUBG Tips and Tricks - Latest PUBG Myths | New PUBG Glitches | Mythbusters in PUBG Mobile.
    Only 0.05% PUBG Players know about these Tricks. These Tricks will add Fun in your Gameplay. Must Watch.
    Top 5 PUBG Tips and Tricks - Latest PUBG Myths | New PUBG Glitches | Mythbusters in PUBG Mobile

    BalasHapus

  20. How to enable 60FPS - Smooth Extreme in Any Phone Without Gfx Tool App |Unlock 60fps in PUBG Mobile.
    100% Gauranteed with proof. Must Watch if you want to improve your Gameplay.

    How to enable 60FPS - Smooth Extreme in Any Phone Without Gfx Tool App |Unlock 60fps in PUBG Mobile

    BalasHapus